Mahasiswa Baru STIE YAPAN Mengikuti Pembinaan Bela Negara 2017

Mahasiswa Baru STIE YAPAN Mengikuti Pembinaan Bela Negara 2017

Mahasiswa baru STIE YAPAN tahun akademik 2017 mengikuti pembinaan bela negara di Yonif – 1 Mar Gedangan – Sidoarjo sabtu lalu (09/09). Kegiatan  pembinaan bela negara ini dilaksanakan selama dua hari satu malam, dengan tujuan dalam rangka menyiapkan mental mahasiswa  menghadapi perkuliahan di STIE YAPAN Surabaya.

Selain mental, kedisiplinan waktu dan pola pikir dalam mengejar ilmu juga merupakan tujuan dari kegiatan ini. Menurut Lettu Marinir Novie Harianto, menghilangkan sikap apatis dan bisa mengendalikan hati ataupun emosi bisa dengan adanya kegiatan-kegiatan yang diadakan dalam pelatihan ini seperti kegiatan “Nasi Komando”, dengan tujuan untuk mengubah pikiran mahasiswa agar mereka tidak melihat sesuatu dari luarnya saja dan juga saat minum jamu, meskipun  jamu yang diminum oleh mahasiswa terasa pahit tapi setelah minum pasti dapat merasakankegunannya pada saat kegiatan.

“Khususnya dipihak kami, pihak yang ditunjuk  sebagai penyelenggara atau panitia pelaksana pembinaan mental khususnya untuk STIE YAPAN, saya lihat memang  kegiatan ini perlu dilaksanakan dalam rangka menyiapkan pengertian dalam bentuk mental mereka  didalam fakultas atau universitas itu sendiri,” jelasnya.

Pada saat pembinaan bela negara diselenggarakan terdapat beberapa kendala fisik yang terjadi pada mahasiswa, seperti beberapa mahasiswa yang memang memiliki sakit asma dan maag yang kambuh maupun yang tiba – tiba jatuh pingsan saat kegiatan. Kopda APM Joko  selaku penanganan kesehatan pada peserta bela negara kali ini berharap, agar saat kegiatan seperti ini peserta harus menyiapkan fisik maupun mental beberapa hari sebelum kegiatan dilaksanakan.

Serka Marinir Andis Aulia Mandala selaku pelatih peserta pembinaan bela negara mengatakan kendala apapun yang terjadi pada kegiatan ini merupakan sebagai tantangan bagi seorang pelatih dalam mengatasi  suatu permasalahan saat kegiatan.

“Kedepannnya apa yang kami berikan, walaupun waktunya yang terbatas  dua hari satu malam, saya mengharapkan mental mereka terbentuk, sikap mereka bisa diperbarui lebih baik, jasmani mereka lebih sehat, sehingga untuk menuntut ilmu di STIE YAPAN lebih maksimal, agar outputnya seperti yang diharapkan oleh institusi atau STIE YAPAN, visi dan misinya tercapai ,” harapnya.

Kegiatan seperti ini adalah pertama kalinya diselenggarakan oleh STIE YAPAN dan wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru maupun anggota Organisasi Mahasiswa.  Ira Resmawa selaku penanggung jawab acara merasa puas dengan terselenggaranya acara ini.

“Selama dua hari kegiatan yang dilaksanakan ini sebenarnya saya sangat puas sekali awalnya saya sangat pesimis untuk mahasiswa bisa mengikuti kegiatan seperti ini, karena kampus STIE YAPAN sendiri ini kan baru pertama kali mengadakan kegiatan seperti ini tetapi tidak ada salahnya untuk dicoba,” urainya.

Foto Bersama Peserta Bela Negara, Rektorat dan Pelatih Bela Negara

Foto Bersama Peserta Bela Negara, Rektorat dan Pelatih Bela Negara

Hal yang serupa juga turut dirasakan oleh Taufik Adha salah satu mahasiswa STIE YAPAN salah satu peserta pembinaan bela negara. Perwakilan Organisasi Mahasiswa Hima manajemen itu mengatakan kegiatan seperti ini nanti manfaatnya bisa di implementasikan pada sebuah organisasi. Seperti  bagaimana kita bisa menghargai orang lain, menghilangkan sifat egois demi kepentingan dan tujuan bersama sesama anggota.

“Karena ini acara yang sangat bermanfaat dengan ilmu yang sangat banyak, jika bisa untuk semester-semester selanjutanya tetap diadakan, karena ini sangat berguna untuk jiwa nasionalisme  dan untuk STIE YAPAN terutama,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *