PEDOMAN AKADEMIK PROGRAM STUDI MANAJEMEN (S1)

VISI PROGRAM STUDI

Pada Tahun 2022 menjadi Program Studi Manajemen yang menghasilkan lulusan yang mampu mengimplementasikan prinsip-prinsip manajemen dan berjiwa entrepreneur.

MISI PROGRAM STUDI

  1. TUJUAN PROGRAM STUDI
  2. PROFIL LULUSAN PROGRAM STUDI
  1. Menyelenggarakan pendidikan manajemen kepada mahasiswa untuk menghasilkan lulusan yang mampu mengimplementasikan prinsip-prinsip manajemen dan berjiwa entrepreneur.
  2. Menyelenggarakan penelitian untuk menghasilkan lulusan yang mampu mengimplementasikan prinsip-prinsip manajemen dan berjiwa entrepreneur.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat di bidang ilmu manajemen untuk menghasilkan lulusan yang mampu mengimplementasikan prinsip-prinsip manajemen dan berjiwa entrepreneur.
  4. Melakukan kerjasama dalam dan luar negeri.
  • Menghasilkan lulusan yang mampu mengimplementasikan prinsip-prinsip manajemen dan berjiwa entrepreneur.
  • Menghasilkan laporan penelitian untuk meluluskan lulusan yang mampu mengimplementasikan prinsip-prinsip manajemen dan berjiwa entrepreneur.
  • Menghasilkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang ilmu manajemen untuk menghasilkan lulusan yang mampu mengimplementasikan prinsip-prinsip manajemen dan berjiwa entrepreneur.
  • Menghasilkan kerjasama dalam dan luar negeri.

Profil Lulusan Program Studi Sarjana Manajemen STIE Yapan Surabaya yang diharapkan setelah menyelesaikan semua proses pembelajaran adalah mempunyai keahlian Manajemen sebagai Praktisi Bisnis dan Kewirausahaan serta Konsultan Manajemen yang mampu mengimplementasikan prinsip-prinsip manajemen dan berjiwa entrepreneur

  1. KOMPETENSI LULUSAN

Setelah mengikuti pembelajaran di Program Studi S1 Manajemen, lulusan memiliki 3 (tiga) kompetensi yang meliputi kompetensi di aspek sikap, keterampilan dan penguasaan pengetahuan. Secara detail masing-masing kompetensi sebagai berikut:

Aspek Sikap

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa,bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan,serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  11. Komitmen dan profesional terhadap profesi yang dijalani
  12. Memiliki budaya pencapaian yang tinggi
  13. Memiliki pandangan yang terbuka dan visioner dengan mengedepankan aspek etika dan nilai-nilai lokal
  14. Menghargai setiap perbedaan dan menyadari pentingnya mencari kesamaan untuk kemajuan bersama

Aspek Keterampilan Khusus

  1. Mampu menjalankan fungsi-fungsi manajemen dalam mengelola suatu organisasi
  2. Mampu mengelola fungsi-fungsi organisasi (operasional, pemasaran, keuangan,SDM, dan Sistem Informasi)
  3. Mampu memberikan alternatif solusi atas permasalahan organisasi berdasarkan hasil identifikasi dan analisis lingkungan
  4. Mampu menggunakan alat-alat bantu dalam pengambilan keputusan manajemen
  5. Mampu mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi untuk mendukung dalam pengambilan keputusan manajerial
  6. Mampu melakukan analisis persoalan-persoalan manajerial secara komprehensif berdasarkan prinsip-prinsip manajemen terkini
  • Keterampilan Khusus Konsentrasi Manajemen Pemasaran
  1. Mampu menyiapkan proposal penelitian di bidang manajemen pemasaran
  2. Mampu melakukan penelitian di bidang manajemen pemasaran
  3. Mampu menyusun, melaksanakan, dan mengevaluasi program pemasaran
  • Keterampilan Khusus Konsentrasi Manajemen Keuangan
  1. Mampu menyiapkan proposal penelitian di bidang manajemen keuangan
  2. Mampu melakukan penelitian di bidang manajemen keuangan
  3. Mampu menyusun perencanaan keuangan, melaksanakan danmengevaluasinya.
  • Keterampilan Khusus Konsentrasi Manajemen SDM
  1. Mampu menyiapkan proposal penelitian di bidang MSDM
  2. Mampu melakukan penelitian di bidang MSDM
  3. Mampu menyusun perencanaan SDM, melaksanakan dan mengevaluasinya

Aspek Penguasaan Pengetahuan

  1. Menguasai konsep dasar dan praktek manajemen
  2. Menguasai berbagai metode pengambilan keputusan manajemen
  3. Menguasai pengetahuan dasar untuk pengembangan karakter
  4. Menguasai prinsip-prinsip good corporate governance
  5. Menguasai prinsip-prinsip pengambilan keputusan yang efektif
  • Penguasaan Pengetahuan Konsentrasi Manajemen Pemasaran
  1. Menguasai konsep-konsep manajemen pemasaran lokal dan global
  2. Menguasai konsep-konsep komunikasi pemasaran yang efektif
  • Penguasaan Pengetahuan Konsentrasi Manajemen Keuangan
  1. Menguasai konsep-konsep manajemen Keuangan organisasi bisnis dan non bisnis
  2. Menguasai konsep-konsep investasi dan instrumen derivatif
  • Penguasaan Pengetahuan Konsentrasi Manajemen SDM
  1. Menguasai konsep-konsep Manajemen Sumberdaya Manusia (MSDM)
  2. Menguasai konsep-konsep evaluasi kinerja SDM

Tabel-1 Matriks hubungan antara Profil dan Kompetensi Lulusan