PENGARUH FAKTOR-FAKTOR KEPUASAN KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN PADA CV LANTAI EMAS SURABAYA

OLEH :

ANALIA TRISTYANTI

 

ABSTRACT

Employees who obtain satisfaction in the work will lead to a boost in her acting improve his performance , so the organization will benefit from the potential and the employees’ performance . Conversely low levels of satisfaction or dissatisfaction experienced because of the high rate of absenteeism , tardiness , turnover of labor out of the slow deliberate work organization and employee

The purpose of this study is to investigate or analyze the influence of the factors of job satisfaction in the form of wages , oversight , promotion opportunities , working groups and working conditions on employee performance parts production surabaya Gold Floor CV and job satisfaction to know which factors have a dominant influence on employee performance .

The results showed that the factors of job satisfaction of employees in the form of wages , oversight , promotion opportunities , and working conditions of the working group together to have a significant influence on employee performance parts production CV Gold Floor Surabaya and note that the factor of job satisfaction in the form of wages have a dominant influence on employee performance parts production CV Gold Floor Surabaya . Where the value of the partial correlation coefficient of 0.588 and is greater than the value of the partial correlation of other variables .

From the research, it is well known that for wages terhadaop satisfaction factors showed that the average wage is satisfaction enough , for the supervision of factors indicate that the average satisfaction with supervision is quite satisfactory , for the satisfaction factor of the promotional opportunities on average quite satisfactory , for the satisfaction factor of the working group on average was satisfactory and to the satisfaction of the conditions of employment factors shows that the average satisfaction with working conditions is quite satisfying .

The magnitude of the effect caused by factors such as wage job satisfaction , supervision , promotion opportunities , and working conditions of the working group together or simultaneously on employee performance parts production CV Gold Floor Surabaya was 97.9 % and the remaining 2.2 % influenced by other factors . This is indicated by the calculated F value ( 217.304 ) > F table ( 2,62 ) .

By knowing that the wage has dominant influence factors , it is expected that the management company to give attention and priority on employee wages . Therefore in order to resume production employees Floor Gold Surabaya again compelled to work with a better performance , it is recommended that companies always make some adjustment to income so that the employees are always dynamic .

 

Keywords : factors of job satisfaction , job performance , and multiple linear regression

BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1        Latar Belakang Masalah

Dalam menghadapi persaingan bisnis yang semakin kompleks dan penuh dengan ketidakpastian, dewasa ini dunia usaha tidak bisa lagi hanya mengandalkan efektivitas peran manajer namun pada saat yang sama akan makin memerlukan peningkatan sumber daya manusia untuk menjaga agar perusahaan dapat tetap survive dan mengalami perkembangan sekaligus menciptakan nilai tinggi bagi konstituennya secara berkesinambungan. Oleh karenanya, peran sumber daya manusia yang kuat, handal dan tangguh sangat diperlukan untuk menjawab tantangan yang ada, terutama pada persaingan usaha yang menuntut berbagai bentuk daya saing usaha yang hanya akan  muncul dari adanya kompetensi excellence pada suatu perusahaan, dari strategi maupun implementasi atau operasionalnya.

Peningkatan mutu dan relevansi bisnis merupakan salah satu program pembangunan Nasional dan rencana strategis Bisnis Dasar dan menengah. Peningkatan mutu dan relevansi bisnis sangat erat kaitannya dengan pengembangan sumber daya manusia. Selaras dengan kebijakan pembangunan nasional yang menekankan pada pembangunan sumber daya manusia, maka upaya meningkatkan gairah bisnis merupakan salah satu komponen yang mempunyai peran sangat penting. Disadari bahwa karyawan merupakan faktor dominan dalam proses peningkatan hasil produk di perusahaan, namun dalam kurun waktu akhir-akhir ini memperlihatkan kecenderungan kekurangan karyawan, baik dilihat dari aspek mutu maupun jumlah.

Suatu perusahaan akan berhasil atau bahkan gagal sebagian besar ditentukan oleh ketersediaan sumber daya manusia. Sumber daya manusialah yang bertanggung jawab atas kegagalan pelaksanaan suatu pekerjaan. Hal ini mendudukkan posisi sumber daya manusia dalam suatu perusahaan pada posisi yang terpenting.

Sumber daya manusia sebagai individu-individu yang berperan dalam kehidupan organisasi mempunyai sikap, kepribadian, prinsip, persepsi, tujuan, dan motivasi yang berbeda-beda. Operasionalisasi sehari-hari pengelolaan sumber daya manusia ini disebut sebagai praktek manajemen.

Mengingat sumber daya manusia merupakan unsur yang sangat penting terhadap keberhasilan organisasi, maka pemeliharaan hubungan antara karyawan dan organisasi menjadi sangat penting. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam hubungan tersebut antara lain kepuasan kerja, sistem komunikasi, penanggulangan stress, perubahan dan pengembangan organisasi serta peningkatan mutu hidup para karyawan.

Kepuasan kerja menjadi masalah yang cukup menarik dan cukup penting, karena terbukti besar manfaamya bagi kepentingan individu, industri dan. masyarakat. Bagi individu, penelitian tentang sebab-sebab dan sumber-sumber kepuasan kerja memungkinkan timbulnya usaha-usaha peningkatan kebahagiaan hidup mereka. Bagi industri, penelitian mengenai kepuasan kerja dilakukan dalam rangka usaha peningkatan produksi dan pengurangan biaya melalui perbaikan sikap dan tingkah laku karyawannya. Selanjutnya, masyarakat tentu akan menikmati hasil kapasitas maksimum dari industri serta naiknya nilai manusia di dalam konteks pekerjaannya (As’ad, 1999:102)

Pada dasarnya kepuasan kerja merupakan hal yang bersifat individual. Setiap individu akan memiliki tingkat kepuasan yang berbeda-beda sesuai dengan sistem nilai-nilai yang berlaku pada dirinya ini disebabkan karena adanya perbedaan pada masing-masing individu. Semakin banyak aspek-aspek dalam pekerjaan yang sesuai dengan keinginan individu tersebut, maka semakin tinggitingkat kepuasan yang dirasakannya, dan sebaliknya (As’ad, 1999:103)

Karyawan yang memperoleh kepuasan didalam bekerja akan menimbulkan dorongan dalam dirinya untuk bertindak meningkatkan prestasinya, sehingga organisasi akan mendapat keuntungan dari potensi dan prestasi kerja karyawan tersebut. Sebaliknya ketidakpuasan atau rendahnya tingkat kepuasan yang dialami karena tingginya tingkat absensi, keterlambatan, perputaran tenaga kerja yang keluar dari organisasi dan kesengajaan memperlambat pekerjaan kerja karyawan.

Bagi manajemen perusahaan Keramik CV. Lantai Emas Surabaya, prestasi kerja yang dicapai karyawan merupakan pusat perhatian, karena prestasi kerja yang ditunjukkan karyawan memiliki pengaruh terhadap kemampuan perusahaan untuk bersaing. Kepuasan kerja karyawan diduga memiliki pengaruh terhadap prestasi kerja, sehingga pihak manajemen di hadapkan pada berbagai pertanyaan menyangkut hubungan keduanya serta cara-cara peningkatan kepuasan kerja dan prestasi kerja.

 

1.2        Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka permasalahan yang dihadapi dapat dirumuskan sebagai benikut :

1.    Apakah faktor-faktor kepuasan kerja yaitu upah, pengawasan, peluang promosi, kelompok kerja dan kondisi kerja secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang bermakna terhadap prestasi kerja karyawan bagian produksi CV  Lantai Emas Surabaya ?

2.    Dari faktor-faktor kepuasan kerja tersebut faktor manakah yang mempunyai pengaruh dominan terhadap prestasi kerja karyawan bagian produksi CV  Lantai Emas Surabaya.

 

1.3       Tujuan Penelitian

Tujuan yang ingin dicapai peneliti dalam mengadakan penelitian ini adalah sebagai berikut:

  1. Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh faktor-faktor upah, pengawasan, peluang promosi, kelompok kerja dan kondisi kerja terhadap prestasi kerja karyawan bagian produksi CV. Lantai Emas Surabaya.
  2. Untuk mengetahui manakah diantara faktor-faktor kepuasan kerja yang mempunyai pengaruh dominan terhadap prestasi kerja karyawan bagian produksi CV. Lantai Emas Surabaya.

 

1.4       Manfaat Penelitian

            Adapun manfaat yang diharapkan dari kegiatan penelitian ini dapat diuraikan sebagai berikut :

  1. Bagi penulis dapat memberikan informasi tentang faktor-faktor kepuasan kerja yang mempengaruhi prestasi kerja karyawan.
  2. Bagi pihak manajemen, sebagai bahan masukan dan pertimbaligan dalam menentukan atau menetapkan kebijaksanaan-kebijaksanaan dan peraturan­peraturan terutama yang menyangkut sumber daya manusianya agar dapat diambil langkah-langkah yang lebih baik bagi perusahaan secara keselur-uhan.
  3. Bagi akademisi, hasil penelitian ini dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai salah satu pemikiran terkait dengan bahan acuan karya ilmiah.
  4. Perguruan Tinggi, khususnya STIE Yapan Surabaya, Diharapkan hasil yang diperoleh dari penelitian ini dapat menambah bahan pustaka untuk pengembangan ilmu manajemen sumber daya manusia dan dapat dijadikan bahan acuan bagi penelitian-penelitian lain yang sejenis.

 

1.5              Sistematika Penulisan Skripsi

Agar lebih memudahkan dalam pemahaman materi atau isi skripsi yang disusun oleh penulis, maka sistematikanya sebagai berikut :

Bab I   :  PENDAHULUAN

Dalam bab ini dikemukakan tentang latar belakang masalah yang dihadapi perusahaan, rumusan masalah, tujuan dan manfaat diadakannya penelitian, serta sistematika penulisan skripsi yang memberi gambaran tentang pembahasan skripsi.

Bab II  :  TINJAUAN PUSTAKA

Dalam bab ini dibahas mengenai pengertian lingkungan kerja bersama dengan penjabarannya, pengertian faktor-faktor kepuasan kerja dan penjabarannya, pengertian prestasi kerja karyawan beserta penjabarannya serta landasan teori-landasan teori yang menunjang dalam penelitian ini.

Bab III            :  METODE PENELITIAN

Dalam bab ini dibahas mengenai pendekatan yang digunakan dalam melakukan penelitian, jenis dan sumber data yang diperlukan dalam penelitian ini, prosedur pengumpulan data serta teknik analisis yang digunakan untuk menganalisis data.

Bab IV            :  HASIL DAN PEMBAHASAN

Dalam bab ini dikemukakan hasil penelitian dan pembahasan mengenai gambaran umum dari obyek penelitian, deskripsi hasil penelitian, dan analisis pembahasan mengenai permasalahan yang dihadapi.

Bab V  :  KESIMPULAN DAN SARAN

Dalam bab ini berisi tentang kesimpulan dari hasil pembahasan dan saran-saran dari penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>