Pentingkah Peran Alumni Terhadap PerguruanTinggi ?

Pentingkah Peran Alumni Terhadap PerguruanTinggi ?

Barangkali tidak ada yang menyangkal pentingnya peranan alumni pada PerguruanTinggi, namun  tidak semua Perguruan Tinggi menyadari dan kemudian melakukan upaya upaya tertentu yang  mengarah kepada pemanfaatan alumni bagi pengembangan PerguruanTingginya.  Hal tersebut dapat dibuktikan dengan kurangnya perhatian terhadap persoalan alumni tersebut.  Bahkan secara kelembagaan saat ini sudah tidak ada lagi Pembantu Ketua/Rektor/Direktur yang khusus mengurusi masalah alumni tersebut, yang pada masa yang lalu digabungkan dengan Pembantu Ketua/Rektor/Direktur bidang kemahasiswaan. 

Barangkali bagi para alumni sebuah PerguruanTinggi kecil dan  alumninya belum banyak yang berkiprah  dalam pengelolaan negaraini, maka peran mereka  belum begitu nampak, karena itu sangat dapat dipahami kalau kemudian para pimpinan PerguruanTinggiseperti itu belummemperhatikan persoalan pentingnya alumni.  Tetapi bagi PerguruanTinggi yang sudah cukup maju dan para alumninya sudah banyak yang berkiprah dalam berbagai posisi di negeri ini, tentu akan sangat membantu PerguruanTinggi dalam berbagai aspeknya.

Para alumni yang telah menduduki berbagai posisi penting di negeri ini tentu akan menjadi salah satu daya tarik bagi masyarakat untuk  memberikan kepercayaan kepada PerguruanTinggi tersebut, terutama dalam hal pilihanperkuliahan  mereka.  Dengan sendirinya PerguruanTinggi tersebut akan  tersosialisasikan kepada masyarakat, tanpa harus dilakukan dorongan  yang masif sekalipun.  Tentu akan lain halnya dengan PerguruanTinggi yang alumninya belum banyak berkiprah, di mana ia harus mempromosikan PerguruanTinggi dengan berbagai cara untuk menarik simpati masyarakat dan  memberikan kepercayaan kepada mereka.

Buat apa itu semua? Tentu untuk “Membangun Sinergi”. Itulah kata kuncinya. Perguruan Tinggi dan alumninya harus bersinergi. Alumni yang sukses tidak bisa dipisahkan dari Perguruan Tinggi tempatnya menimba ilmu. Besar atau kecil sumbangsih Perguruan Tinggi telah menjadi bagian dari suksesnya seorang alumni. Sebaliknya, Perguruan Tinggi yang mampu memfasilitasi dan menghargai alumninya (apalagi yang sudah sukses) melalui wadah Ikatan Alumni maka dengan sendirinya akan dipromosikan sebagai “tempat belajar” yang direkomendasi dan berkualitas. Sangat disayangkan, jika banyak alumni yang sukses dan memiliki potensi, tapi tidak mampu “bersinergi” dengan Perguruan Tingginya. Tidak ada sinergi, tidak ada kepedulian.

Dengan dibangunnya suatu sinergi, maka alumni yang telah dikenal oleh masyarakat dan mempunyai posisi di negeri ini tentu  akan  dengan mudah memberikan sumbangan berupa apapun; saran, pemikiran, dan juga pendanaan serta koneksi ke berbagai relasi yang memungkinkan untuk melakukan kerjasama  dengan PerguruanTinggi tersebut.  Ini tentu akan sangat membantu PerguruanTinggi untuk mengembangkan dirinya dan sekaligus  mempercepat kemajuan serta prestasi dan kualitasnya.  Berbagai lembaga, baik di dalam maupun di luar negeri, tentu juga akan  dengan mudah menjalin kerjasama dengan PerguruanTinggi tersebut disebabkan  peran para alumninya.

 

Setidaknya ada empat alasan yang mendasari pentingnya ALUMNI bagi suatuPERGURUAN TINGGI : Alumni dapat berperan dalam memberikan masukan dan program nyata bagi kemajuan Perguruan Tinggi; Alumni memiliki potensi dan kompetensi dalam membangun opini publik demi “nama baik” (citra) Perguruan Tinggi; Alumni sebagai produk Perguruan Tinggi dapat menjadi relasi penting dalam memperluas jaringan Perguruan Tinggi/Mahasiswa dengan institusi di luar Perguruan Tinggi; Alumni dapat menjadi sumber informasi dunia kerja dan usaha bagi lulusan baru suatuPerguruan Tinggi, di samping menjadi inspirasi bagi Mahasiswa yang ada di Perguruan Tinggi sekarang.

Artinya kalau saat ini tidak dimulai memperhatikan persoalan alumni, maka  kita sangat mungkin akan dilupakan oleh mereka dan sama sekali tidak akan bisa menguntungkan bagi kita.  Meskipun peran mereka di negeri ini belum  strategis, namun  kita pasti tahu bahwa  mereka juga dapat diperankan sebagai  corong kita kepada masyarakat.  Kalau mereka belum bisa membantu PerguruanTinggi dengan peran mereka untuk memberikan referensi bagi para pihak yang  diharapkan bisa bekerjasama dan memberikan kepercayaan kepada kita (para pengelola PerguruanTinggi), setidaknya mereka akan bisa meyakinkan kepada masyarakat bahwa almamater mereka cukup bagus dan menjanjikan sesuatu yang sangat  prospektif terutama bagi STIE Yapan seperti saat ini. (Oleh : Fariz, SE,MM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *