Program Studi Manajemen STIE Yapan Surabaya berkomitmen untuk menjadi Program Studi yang berkualitas dan memiliki mutu dalam pembelajaran manajemen untuk mempersiapkan lulusan agar mampu berkompetisi dalam kepemimpinan manajemen yang sangat kompetitif.

Cakupan program studi ini meliputi Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, dan Manajemen Keuangan dan Manajemen Perbankan. Mahasiswa di STIE Yapan Surabaya, terlepas dari spesialisasi, diberi kesempatan untuk memperluas dan memperdalam perspektif mereka tentang lingkungan bisnis global, profesionalisme, kepemimpinan visioner dan pengembangan karakter melalui Seminar yang sangat interaktif.

Kelebihan Program Studi Manajemen adalah

  • Pembentukan kompetensi lulusan secara seimbang antara kebutuhan hard comptence dan soft competence dengan mengutamakan kemitraan dengan jejaring kerjasama diantara para alumni di bisnis industri;
  • Membentuk karakter leadership yang tangguh dengan basis etika dan moral;
  • Mengimplementasikan bidang unggulan tiap peminatan secara profesional agar tercapai kompetensi manajerial seperti yang diharapkan untuk menghasilkan solusi  dalam setiap permasalahan bisnis yang dihadapi.

KONSENTRASI : s1 manajemen stieyapan surabaya

  • Keuangan
  • SDM
  • Pemasaran
  • Perbankan

PANDUAN MANAJEMEN S1

A. VISI PROGRAM STUDI

Menjadi PS yang mampu menghasilkan lulusan sarjana strata 1 (S-1) Manajemen yang memiliki kompetensi di bidang bisnis dan kewirausahaan terkemuka ditingkat nasional dan internasional berdasarkan moral agama pada tahun 2017.

B. MISI PROGRAM STUDI

  • Menyelengarakan proses pembelajaran yang berkualitas dalam bidang Manajemen dengan konsentrasi Manajemen Perbankan, Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, dan Manajemen Sumber Daya Manusia sehingga dihasilkan lulusan Sarjana Manajemen yang terkemuka ditingkat nasional dan internasional berdasarkan moral agama
  • Meningkatkan kemampuan dosen untuk melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas, yang dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu dan praktek dibidang bisnis dan kewirausahaan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  • Meningkatkan suasana akademik yang kondusif untuk proses pembelajaran agar mampu menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang bisnis dan kewirausahaan serta memiliki kemampuan softskills yang baik.
  • Meningkatkan pelaksanaan tata kelola di lingkungan PS Manajemen untuk mendukung tata kelola institusi yang berbasis Good University Governance berdasarkan moral agama.

C. TUJUAN PROGRAM STUDI

  • Menghasilkan lulusan yang profesional, berdaya saing, berkarakter yang terkemuka ditingkat nasional dan internasional berdasarkan moral agama
  • Mempublikasikan hasil-hasil penelitian kepada para pihak yang berkepentingan dibidang bisnis dan kewirausahaan serta untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat
  • Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang bisnis dan kewirausahaan serta memiliki kemampuan softskills yang baik.
  • Memberikan konsultasi di bidang bisnis dan kewirausahaan melalui saran-saran dan layanan konsultasi di bidang manajemen bisnis berdasarkan moral agama.

D. SASARAN PROGRAM STUDI

  1. Sasaran yang akan dicapai oleh Program Studi MANAJEMEN di bidang Pendidikan pada tahun 2017 adalah :
  • Tercapainya Tenaga Pengajar MANAJEMEN yang mempunyai kompetensi serta mempunyai kemampuan berbahasa Inggris dan menguasai ICT (Information and Communication Technology).
  • Tercapainya Sarjana Manajemen sebagai Praktisi Manajemen dan Konsultan Manajemen.
  • Tercapainya Sarjana Manajemen yang mempunyai kemampuan berbahasa Inggris dan mengusai ICT (Information and Communication Technology).
  • Tercapainya kerjasama dengan berbagai pihak dalam pengembangan penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran, baik lokal, nasional maupun Internasional.
  • Tersedianya sarana dan prasarana di bidang penyelenggaraan pendidikan yang bermutu dan modern serta berbasiskan Informasi Teknologi dan Komunikasi.
  • Tercapainya lulusan yang diminati oleh kalangan masyarakat, lembaga pemerintahan, lembaga profesional, dan dunia usaha.
  1. Sasaran yang akan dicapai oleh Program Studi MANAJEMEN di bidang Penelitian pada tahun 2017 adalah :
  • Tercapainya Program penelitian di bidang MANAJEMEN yang berkualitas dan berkelanjutan yang bermanfaat dan dapat diterapkan oleh kalangan masyarakat, lembaga pemerintahan, lembaga profesional, dan dunia usaha.
  • Tercapainya penyelenggaraan program penelitian paling sedikit 1 (satu) kali dalam 1 (satu) semester oleh semua Dosen pada Program Studi MANAJEMEN.
  • Tercapainya kerjasama di bidang penyelenggaraan program penelitian dengan pihak lain secara berkelanjutan dan saling memberikan manfaat, baik lokal, nasional dan Internasional.
  • Tersedianya sarana dan prasarana untuk melaksanakan penelitian program pendidikan yang bermutu dan modern serta berbasisikan Informasi Teknologi dan Komunikasi.
  • Tercapainya publikasi hasil penelitian melalui berbagai Media baik lokal, nasional, maupun Internasional.
  1. Sasaran yang akan dicapai oleh Program Studi MANAJEMEN di bidang Pengabdian Kepada Masyarakat tahun 2017 adalah :
  • Tercapainya penyelenggaraan program pengabdian kepada masyarakat secara berkelanjutan sesuai dengan kebutuhan dan dapat memberikan manfaat bagi kemajuan kehidupan masyarakat.
  • Tercapainya penyelenggaraan program pengabdian kepada masyarakat oleh semua dosen pada Program Studi MANAJEMEN paling sedikit 1 (satu) kali dalam 1 (satu) semester.
  • Tercapainya kerjasama di bidang pengabdian kepada masyarakat dengan pihak lain secara berkelanjutan dan saling memberikan manfaat, baik lokal, nasional dan Internasional.
  • Tersedianya sarana dan prasarana untuk menyelenggarakan program pengabdian kepada masyarakat yang bermutu dan modern serta berbasis Informasi Teknologi dan Komunikasi.

E. PROFIL LULUSAN PROGRAM STUDI

Profil Lulusan Program Studi MANAJEMEN yang diharapkan setelah menyelesaikan semua proses pembelajaran adalah mempunyai keahlian Manajemen sebagai Praktisi Bisnis dan Kewirausahaan serta Konsultan Manajemen berdasarkan moral agama.

F. KOMPETENSI LULUSAN

Kompetensi Utama

  • Mampu memahami dan menganalisis serta menjelaskan secara kritis dan ilmiah mengenai ILMU MANAJEMEN baik teoritis maupun praktis serta perkembangannya dalam lingkup Manajemen Nasional dan Manajemen Internasional.
  • Mampu memahami cara menemukan kebenaran ilmiah di bidang ILMU MANAJEMEN melalui metode penelitian Manajemen.
  • Mampu mengaktualisasikan kemampuan ILMU MANAJEMEN yang dimiliki terhadap berbagai persoalan Manajemen yang terjadi dalam masyarakat.
  • Mampu menjelaskan dan menerapkan paraturan perundang-undangan terhadap kasus-kasus Manajemen yang konkrit dan menyelesaikannya baik secara litigasi dan non litigasi.
  • Mampu membuat berbagai berkas Manajemen baik dalam seluruh aspek
  • Mampu membuat rancangan peraturan perundang-undangan dan rancangan perjanjian maupun kerjasama.

Kompetensi Pendukung

  • Mempunyai kepekaan dan kepedulian terhadap aspek Manajemen dalam pembangunan negara di masayarakat berdasarkan nilai-nilai Pancasila.
  • Mempunyai kepekaan dan kepedulian untuk membantu menyelesaikan kasus-kasus Manajemen yang terjadi dalam masyarakat.
  • Mempunyai etika Manajemen yang baik dan tidak melakukan kejahatan maupun pelanggaran Manajemen.

Kompetensi Lainnya

  • Mampu menggali nilai-nilai budaya lokal dalam mengembangkan dan menyelesaikan kasus-kasus Manajemen berdasarkan karakter bangsa Indonesia.
  • Mampu memanfaatkan Teknologi Informasi dan komunikasi dalam proses pengembangan dan penarapan Manajemen.
  • Menguasai bahasa Inggris baik secara aktif dan/atau pasif.

Tabel-1 Matriks hubungan antara Profil dan Kompetensi Lulusan

Profil Lulusan

Kompetensi Yang Seharusnya Dimiliki

Kompetensi Utama Kompetensi Pendukung Kompetensi Lainnya
Praktisi Bisnis dan Kewirausahaan Mampu menjelaskan dan menerapkan paraturan perundang-undangan terhadap kasus-kasus Manajemen yang konkrit dan menyelesaikannya baik secara litigasi dan non litigasi. Mempunyai kepekaan dan kepedulian terhadap pembangunan negara Manajemen berdasarkan nilai-nilai Pancasila. Mampu menggali nilai-nilai budaya local dalam mengembangkan dan menyelesaikan kasus-kasus Manajemen berdasarkan karakter bangsa Indonesia.
Mampu membuat berbagai berkas perkara Manajemen baik dalam perkara litigasi maupun perkara non litigasi. Mempunyai kepekaan dan kepedulian untuk membantu menyelesaikan kasus-kasus Manajemen yang terjadi dalam masyarakat. Mampu memanfaatkan Teknologi Informasi dan komunikasi dalam proses pengembangan dan penarapan Manajemen.
Mampu membuat rancangan peraturan perundang-undangan dan rancangan perjanjian maupun kerjasama. Mempunyai etika Manajemen yang baik dan tidak melakukan kejahatan maupun pelanggaran Manajemen. Menguasai bahasa Inggris baik secara aktif dan/atau pasif.
Konsultan Manajemen Mampu memahami dan menganalisis serta menjelaskan secara kritis dan ilmiah mengenai ILMU MANAJEMEN baik teoritis maupun praktis serta perkembangannya dalam lingkup Manajemen Nasional dan Manajemen Internasional. Mempunyai kepekaan dan kepedulian terhadap pembangunan negara Manajemen berdasarkan nilai-nilai Pancasila. Mampu menggali nilai-nilai budaya local dalam mengembangkan dan menyelesaikan kasus-kasus Manajemen berdasarkan karakter bangsa Indonesia.
Mampu memahami cara menemukan kebenaran ilmiah di bidang ILMU MANAJEMEN melalui metode penelitian Manajemen Mempunyai kepekaan dan kepedulian untuk membantu menyelesaikan kasus-kasus Manajemen yang terjadi dalam masyarakat. Mampu memanfaatkan Teknologi Informasi dan komunikasi dalam proses pengembangan dan penarapan Manajemen.
Mampu memahami cara mengaktualisasikan kemampuan ILMU MANAJEMEN yang dimiliki terhadap berbagai persoalan Manajemen yang terjadi dalam masyarakat Mempunyai etika Manajemen yang baik dan tidak melakukan kejahatan maupun pelanggaran Manajemen. Menguasai bahasa Inggris baik secara aktif dan/atau pasif.

 

KURIKULUM MANAJEMEN (S1)

SEMESTER KODE MATA KULIAH SKS
1 MPK 101 Pendidikan Agama (MPK) 3
MPK 102 Bahasa Indonesia (MPK) 3
MKB 101 Pengantar Ekonomi Makro (MKB) 3
MKB 102 Pengantar Ekonomi Mikro (MKB) 3
MKK 101 Matematika Ekonomi (MKK) 3
MKB 103 Pengantar Akuntansi 1 (MKB) 3
MKB 104 Pengantar Bisnis (MKB) 3
MKK 102 Bahasa Inggris Bisnis (MKK) 2
Jumlah 23 sks
2 MPK 203 Kewarganegaraan (MPK) 3
MKB 204 Kewirausahaan 1 (MKB) 3
MKB 205 Pengantar Akuntansi 2 (MKB) 3
MKB 206 Pengantar Manajemen (MKB) 3
MKK 203 Metode Kuantitatif (MKK) 3
MKB 207 Ekonomi Moneter (MKB) 3
MKK 204 Statistika (MKK) 3
MPK 204 Ilmu Alamiah Dasar (MPK) 2
Jumlah 23 sks
3 MPB 301 Lingkungan Bisnis dan Hukum Komersial (MPB) 3
MPB 302 Akuntansi Biaya (MPB) 3
MKB 308 Kewirausahaan 2 (MKB) 3
MPB 303 Manajemen Operasi (MPB) 3
MPB 304 Manajemen Sumber Daya Manusia (MPB) 3
MPB 305 Manajemen Pemasaran (MPB) 3
MPB 306 Perilaku Keorganisasian (MPB) 3
Jumlah 21 sks
4 MPB 407 Manajemen Keuangan 1 (MPB) 3
MPB 408 Bisnis Internasional (MPB) 3
MPB 409 Teori Organisasi (MPB) 3
MPB 410 Akuntansi Manajemen (MPB) 3
MPB 411 Studi Kelayakan Bisnis (MPB) 3
MPB 412 Perpajakan (MPB) 3
MPB 413 Sistem Informasi Manajemen (MPB) 3
Jumlah 21 sks
5 MPB 514 Riset Pasar (MPB) 3
MPB 515 Manajemen Keuangan 2 (MPB) 3
MPB 516 Analisis Laporan Keuangan (MPB) 3
MPK 505 Kepemimpinan (MPK) 3
MPB 517 Pengukuran Kinerja (MPB) 3
MPB 518 Ekonomi Manajerial (MPB) 3
MPB 519 Manajemen Keuangan dan Investasi Syariah (MPB) 3
Jumlah 21 sks
6 (Konsentrasi Manajemen Keuangan)
MPB 620 Manajemen Stratejik (MPB) 3
MPB 621 Metodologi Penelitian (MPB) 3
(Mata Kuliah Wajib Konsentrasi)
MPB 622 Manajemen Keuangan Internasional (MPB) 3
MPB 623 Manajemen Investasi (MPB) 3
MPB 624 Seminar Manajemen Keuangan (MPB) 3
(Mata Kuliah Pilihan Konsentrasi: Pilih 2 Mata Kuliah/6sks)
MKK 606 Lembaga Keuangan dan Pasar Modal (MKK) 3
MKK 607 Derivatif Keuangan (MKK) 3
MKK 608 Manajemen Resiko (MKK) 3
MKK 609 Keuangan Personal (MKK) 3
Jumlah 21 sks
6 (Konsentrasi Manajemen Pemasaran)
MPB 620 Manajemen Stratejik (MPB) 3
MPB 621 Metodologi Penelitian (MPB) 3
(Mata Kuliah Wajib Konsentrasi)
MPB 625 Pemasaran Stratejik (MPB) 3
MPB 626 Perilaku Konsumen (MPB) 3
MPB 627 Seminar Manajemen Pemasaran (MPB) 3
(Mata Kuliah Pilihan Konsentrasi: Pilih 2 Mata Kuliah/6sks)
MKK 610 Manajemen Produk dan Merk (MKK) 3
MKK 611 Komunikasi Pemasaran Terpadu (MKK) 3
MKK 612 E-Marketing (MKK) 3
MKK 613 Pemasaran Internasional (MKK) 3
Jumlah 21 sks
6 (Konsentrasi Manajemen SDM)
MPB 620 Manajemen Stratejik (MPB) 3
MPB 621 Metodologi Penelitian (MPB) 3
(Mata Kuliah Wajib Konsentrasi)
MPB 628 PPSDM (MPB) 3
MPB 629 Manajemen Kompensasi (MPB) 3
MPB 630 Seminar MSDM (MPB) 3
(Mata Kuliah Pilihan Konsentrasi)
MKK 614 Desain Organisasi (MKK) 3
MKK 615 Manajemen Lintas Budaya Perspektive Asia (MKK) 3
MKK 616 Manajemen Perubahan (MKK) 3
MKK 617 MSDM Internasional (MKK) 3
Jumlah 21 sks
6 (Konsentrasi Manajemen Perbankan)
MPB 620 Manajemen Stratejik (MPB) 3
MPB 621 Metodologi Penelitian (MPB) 3
(Mata Kuliah Wajib Konsentrasi)
MPB 631 Manajemen Kredit Perbankan (MPB) 3
MPB 632 Manajemen Bank Syariah (MPB) 3
MPB 633 Seminar Manajemen Perbankan (MPB) 3
(Mata Kuliah Pilihan Konsentrasi)
MKK 618 Manajemen Pemasaran Bank (MKK) 3
MKK 619 Manajemen Perkreditan Bank (MKK) 3
MKK 620 Operasional Bank (MKK) 3
MKK 621 Aspek Hukum dalam Bank (MKK) 3
7 MBB 701 Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (MBB) 2
MBB 702 Aspek Hukum dalam Bisnis (MBB) 3
MBB 703 Manajemen Karir (MBB) 2
Skripsi 6
Jumlah 13 sks
8 Kuliah Kerja Nyata 3 sks
Total Jumlah SKS dalam Perkuliahan 146 sks
Keterangan :
1. MPK : Mata kuliah pengembangan kepribadian
2. MKK : Mata kuliah keilmuan dan keterampilan
3. MKB : Mata kuliah keahlian berkarya
4. MPB : Mata kuliah perilaku berkarya
5. MBB : Mata kuliah berkehidupan bermasyarakat