Sejarah Singkat

STIE YAPAN berdiri pada bulan Agustus  tahun 2001, di bawah naungan Yayasan Palapa Nusantara, dengan SK Mendiknas RI No.127/D/O/2001 membuka 2 (dua) Program Studi Sarjana yaitu Manajemen (SK No.3272/D/T/2008) dan Akuntansi (SK No. 320/D/T/2005) serta 1 (satu) Program Studi Magister yaitu Magister Manajemen (SK No.347/E/2012).

Dalam rangka peningkatan mutu serta kualitas tata kelola Perguruan Tinggi, berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, STIE Yapan memperoleh pengakuan antara lain :

  1. Akreditasi Institusi STIE Yapan dengan Akreditasi “B”sesuai (SK Nomor : 692/SK/BAN-PT/Akred/PT/VII/2015)
  2. Program Studi Sarjana Manajemen mampu mempertahankan status Akreditasi dengan nilai Akreditasi B sesuai SK Nomor: 242/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/XII/2013;
  3. Program Studi Sarjana Akuntansi mampu meningkatkan status Akreditasi dengan memperoleh nilai Akreditasi B sesuai SK BAN PT Nomor 972/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2015
  4. Program Studi Magister Manajemen mampu mendapatkan status Akreditasi dengan memperoleh nilai Akreditasi B sesuai SK BAN PT Nomor : 183/SK/BAN-PT/Akred/M/VI/2014

Sejak tahun berdiri 2001 hingga sekarang, STIE Yapan Surabaya telah mengalami beberapa pergantian Ketua STIE Yapan antara lain :

Nama Jabatan Periode
H.Soenarko, SE Ketua 2001 – 2007
M.Choiron, SE,SPd,MM Ketua 2007 – 2012
Bambang Soemarsono, SE,MSA Ketua 2012 – 2015
Gogi Kurniawan, SE,MM Ketua 2016 – 2020

Dalam hal lokasi tempat belajar mengajar, STIE Yapan Surabaya juga telah mengalami perpindahan lokasi beberapa kali. Tentu setiap perpindahan, mempunyai makna setiap tahunnya STIE Yapan mengalami perkembangan yang tidak dapat dipandang sebelah mata. Lokasi tersebut antara lain :

  1. Jl.Rungkut; Tahun 2001 – 2007
  2. Jl. Raya Kedung Asem; Tahun 2007-2009
  3. Jl.Raya Kutisari Indah No.39-41; Tahun 2009 – 2010
  4. Jl. IKIP Gunung Anyar Blok E Nomor 152-154/ 197-198; Tahun 2010 – sekarang

STIE YAPAN telah berkembang menjadi salah satu perguruan tinggi yang unggul dan terpercaya dengan banyak menjalin kerjasama dengan beberapa instansi pemerintah maupun swasta dalam rangka perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi di antaranya adalah Bank Mandiri, bank BNI 46, Bank UMKM BPR Jatim, PT.Aerofood Indonesia Surabaya, Penerbit Erlangga, Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sawahan Surabaya, Yayasan Nurul Hayat, ISEI Cabang Surabaya, Pabrik Lumba-Lumba Malang, PT.Sentra Vidya Utama (PT.Sevima), Kecamatan Gunung Anyar, Penerbit ANDI serta Bea Cukai (KPPBC) Tipe Madya Tanjung Perak Surabaya.

 

KKN STIE YAPAN – Kecamatan Gunung Anyar Surabaya

KKN STIE YAPAN – Kecamatan Gunung Anyar Surabaya

 Penandatangan MoU STIE YAPAN - Bea Cukai (KPPBC) Tipe Madya Tanjung Perak Surabaya

Penandatangan MoU STIE YAPAN – Bea Cukai (KPPBC) Tipe Madya Tanjung Perak Surabaya

 Penandatangan MoU STIE YAPAN – Penerbit ANDI

Penandatangan MoU STIE YAPAN – Penerbit ANDI

ARTI LOGO


  • Bentuk Segi Lima.Logo Stie yapan

    melambangkan azas dan dasar Negara Republik Indonesia yaitu Pancasila.

  • Bentuk bulat tulisan STIE YAPAN

    melambangkan bahwa STIE YAPAN bersifat universal untuk semua golongan dan kalangan tidak ada batas dimana menuntut ilmu itu bagi semua.\

  • Warna kuning dalam bentuk bola dunia

    melambangkan bahwa STIE YAPAN selalu mempersiapkan sumber daya manusia dan lulusannya menjadi manusia-manusia yang siap mengabdi, suka memberi dan menolong serta sekaligus sebagai fasilitator pengentasan kemiskinan masyarakat Indonesia secara universal.

  • Warna dasar biru :

    melambangkan kekayaan, artinya lulusan STIE YAPAN dipersiapkan mahir untuk masuk dunia kerja serta mampu berkompetisi dengan demikian dapat mencukupi dirinya sendiri dan peduli dengan lingkungannya.

  • Gambar burung hantu

    melambangkan percaya diri dan berani menyampaikan kebenaran, artinya bahwa sesungguhnya ilmu walaupun dalam kegelapan ada cahaya penunjuk bagi perjalanan hidup manusia.

  • Gambar buku terbuka

    melambangkan bahwa ilmu itu luas bagaikan samudera, maka mencari tidak boleh berhenti sampai jasad lepas badan. Manusia harus terus menerus belajar dan membaca agar wawasan semakin berkembang.

  • Gambar pena bekerja

    melambangkan bahwa ilmu harus diamalkan demi kemanfaatan bersama dimana setiap manusia saling memberi dan membutuhkan informasi satu dengan lainnya.

  • Kata Surabaya dalam kertas terbang

    melambangkan bahwa STIE YAPAN didirikan di kota Surabaya namun mampu menaungi dan memberi manfaat bagi bumi pertiwi dalam kancah pergaulan dunia.