Program Magister

Program Studi Magister Manajemen terakreditasi dengan nilai B sesuai SK Nomor: 183/SK/BAN-PT/Akred/M/VI/2014 Gelar atau sebutan Magister Manajemen (M.M).

Konsentrasi :

  1. Sumber Daya Manusia
  2. Keuangan
  3. Pemasaran

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN

Profil Lulusan :

1. Menjadi Manajer tingkat menengah-atas di organisasi bisnis, dan non- Deskripsi: Manajer yang mampu menerapkan pengetahuan tentang fungsi manajemen pada fungsi-fungsi organisasi didalam mengambil keputusan.

2. Menjadi Entrepreneur dan atau Intrapreneur yang beretika, kreatif dan Deskripsi: Menjadi entrepreneur dan atau intrapreneur didalam organisasi bisnis maupun non-bisnis, serta mampu menciptakan inovasi berbasis teknologi berdasarkan etika dalam menjalankan kegiatan bisnis

3. Menjadi Konsultan Manajemen dan Peneliti

4. Menjadi Tenaga Pendidik pada program Diploma atau Strata-1.


Aspek Sikap :

1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;

3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;

4. Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada Negara dan bangsa;

5. Menghargai keanekaragaman    budaya,    pandangan,    agama,    dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara

8. Tenginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

10. Menginternalisasi semangat       kemandirian,       kejuangan,       dan kewirausahaan

11. Memiliki kemampuan untuk menghargai pendapat orang lain dan bersikap bijaksana

12. Memiliki kepercayaan diri untuk beradaptasi terhadap perubahan lingkungan yang terjadi


Aspek Pengetahuan :

1. Menguasai teori manajemen (strategik, keuangan, pemasaran, operasional, dan sumberdaya manusia) untuk menjawab tantangan strategis dari kondisi manajemen secara nasional dan internasional

2. Menguasai alat-alat pengambilan keputusan

3. Menguasai prinsip dan metode penelitian ilmiah dalam bidang


Aspek Keterampilan Umum:

1. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam penerapan teknologi atau seni sesuai bidang keahliannya dengan menghasilkan prototipe, karya desain, produk seni, atau inovasi teknologi bernilai tambah, menyusun konsepsi ilmiah karyanya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis dan mempublikasikan tulisan dalam jurnal keilmuan atau keahlian terakreditasi;

2. Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;

3. Mampu menyusun ide, pemikiran dan argumen teknis secara bertanggung jawab dan berdasarkan pada etika akademik, serta mengkomunikasikan melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas

4. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan kedalam suatu skema penyelesaian masalah yang lebih menyeluruh dan bersifat interdisplin atau multidisiplin;

5. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah penerapaan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian ekperimental terhadap informasi dan data;

6. Mampu mengelola, mengembangkan dan meningkatkan mutu kerjasama baik di lembaganya maupun lembaga lain, dengan mengutamakan mutu hasil dan ketepatan waktu menyelesaikan pekerjaan;

7. Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri;

8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data prototype, karya desain atau produk seni dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi


Aspek Keterampilan Khusus:

1. Mampu melakukan pengambilan keputusan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif

2. Mampu merancang dan melakukan komunikasi bisnis

3. Mampu menerapkan pengetahuan manajemen umum dan manajemen strategik

4. Mampu menganalisis isu-isu manajemen terkini serta menginterpretasikan data primer maupun sekunder dalam mendukung pengambilan keputusan yang tepat

5. Mampu merancang dan melaksanakan suatu penelitian ilmiah

6. Memiliki kemampuan untuk berperan dalam diskusi isu manajemen kontemporer dan berkomunikasi secara efektif

TOP