yapan peduli1

Marhaban ya Ramadhan, bulan penuh rahmat dan berkeberkahan. Allah SWT telah memilih Ramadhan sebagai bulan yang istimewa.

Firman Allah : “(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.” QS Al Baqoroh [2]:185.

Rasulullah sendiri senantiasa menyambut gembira setiap datangnya Ramadhan. Dan berita gembira itu disampaikan pula kepada para sahabatnya seraya bersabda: “Sungguh telah datang kepadamu bulan Ramadhan, bulan yang penuh keberkatan. Allah telah memfardlukan atas kamu puasanya. Di dalam bulan Ramadhan dibuka segala pintu surga dan dikunci segala pintu neraka dan dibelenggu seluruh setan. Padanya ada suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Barangsiapa tidak diberikan kepadanya kebaikan malam itu maka sesungguhnya dia telah dijauhkan dari kebajikan” (HR. Ahmad)

Begitu banyak fadhilah (keutamaan) bulan Ramadhan. Rasulullah saw bersabda:

Jika Ramadhan tiba, maka pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan dibelenggu. (HR Bukhori dan Muslim)

Barang siapa yang melakukan qiyam (sholat malam), pada lailatul qodar karena iman dan mencari pahala di sisi Allah SWT, maka dosanya yang telah lalu diampuni. Barang siapa yang melakukan puasa di bulan Ramadhan karena iman dan mencari pahala di sisi Allah SWT, maka dosanya yang telah lalu diampuni. (HR Bukhori, Muslim, Abu Daud, An-Nasa-i, dan Ibnu Majah).

...barang siapa melakukan satu perbuatan sunnat maka ia seperti melakukan amalan wajib pada selain Ramadhan, dan barang siapa melakukan satu ibadah wajib, maka ia seperti melakukan tujuh puluh kewajiban pada selain Ramadhan. (HR Ibnu Hibban)

Dari Ibnu Umar rodliyAllahu ‘anhu ia berkata: diamnya orang yang berpuasa adalah tasbih, tidurnya ibadah, do’anya dikabulkan, dan amalnya dilipatgandakan. (HR Abu Daud At-Thoyalisi, dan Al-Baihaqi).

Sehingga pada bulan inilah kesempatan kita untuk memperbanyak amal ibadah, mulai dari puasa, tilawah Qur’an, qiyamullail, zakat, infaq dan sedekah, hingga aktivitas dakwah.

Yapan Peduli

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Yayasan Palapa Nusantara dan STIE Yapan Insya Allah dengan niat karena Allah berusaha mengkoordinir berbagai kegiatan dan sekaligus mengajak agar kaum muslimin yang khususnya berada di daerah Surabaya sekitarnya untuk dapat mengotimalkan kegiatan Ramadhan tahun ini.

Ramadhan adalah Syahrul ‘Ibadah. Pada bulan Ramadhan Rasulullah dan para shahabat memperbanyak membaca dan mempelajari Al-Quran. Pada bulan ini juga, dengan tuntunan Al-Quran dan Sunnah Rasulullah SAW, disamping berpuasa di siang hari, umat Islam sangat dianjurkan untuk mendekat diri kepada Allah SWT melalui ibadah  qiyamullail dan meningkatkan kepedulian kepada sesama dengan melaksanakan zakat, , infaq dan shadaqah. Dan berbagai musibah yang menimpa umat Islam di tanah air dan di seluruh dunia serta umat manusia pada umumnya dewasa ini menuntut kita untuk bisa menjadikan Ramadhan tahun ini sebagai momen untuk menumbuhkan kepedulian kita terhadap sesama. Semua itu adalah Sunnah dan jalan hidup yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW dan dipraktekkan secara merata oleh para shahabat sepeninggal beliau.

SUMBANGAN UNTUK YAPAN PEDULI

DIBULAN RAMADHAN

NO

TGL

NAMA

NOMINAL

1

2/6/2016 Bapak. ACH. MAQSUDI  Rp                              200,000

2

Bapak. FARIZ, SE., MM  Rp                              300,000

3

HAMBA ALLAH  Rp                              500,000

4

HAMBA ALLAH  Rp                              150,000

5

YAYASAN PALAPA NUSANTARA  Rp                           3,000,000

6

3/6/2016 Sumbangan Mahasiswa S2  Rp                           1,990,600

7

Sumbangan Umum  Rp                               52,700

8

10/6/2016 Sumbangan mas Allan (Alumni)  Rp                              200,000

9

Sumbangan Umum  Rp                               45,000

10

14/06/2016 Sumbangan Umum  Rp                              200,000

11

15/06/2016 Sumbangan Mas Walid  Rp                              250,000

12

Bp. GOGI KURNIAWAN,SE.,MM  Rp                              500,000

13

17/06/2016 Sumbangan Marlina (Alumni)  Rp                              150,000

14

Sumbangan Lalang Saksono  Rp                              500,000

15

18/06/2016 Sumbangan S2  Rp                              210,000

16

21/06/2016 Bp. GOGI KURNIAWAN,SE.,MM  Rp                              400,000

TOTAL

 Rp                           8,648,300

Dana Gerakan Yapan Peduli ini akan dimanfaatkan untuk membantu memenuhi kebutuhan dana berbuka puasa untuk komunitas orang dhu’afa, fakir, miskin (pemulung, pedagang asongan, yatim, nelayan, janda dll) yang tersebar di seluruh wilayah Surabaya.

Kami berharap seluruh masyarakat sahabat dari STIE Yapan dengan kedermawanan para muzakki dan muhsinin di Surabaya dan daerah manapun sini bisa membantu terpenuhinya kebutuhan dana tersebut dalam jumlah yang signifikan.

Kami dari Panitia Yapan Peduli mengucapkan Marhaban Ya Ramadhan, bulan penuh rahmat dan keberkahan. Seiring juga ucapan Selamat Menjalankan Ibadah Ramadhan dan mohon ma’af lahir dan bathin atas segala kesalahan yang lalu kepada Bapak/Ibu semua. Semoga Allah SWT memudahkan langkah kita dalam meningkatkan kuantitas dan kualitas amal ibadah kepada-Nya. Amiin.