PERAN WORD OF MOUTH, KEPERCAYAAN , DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KAIN BATIK PADA PENGRAJIN KAMPOENG BATIK JETIS-SIDOARJO

PERAN WORD OF MOUTH, KEPERCAYAAN , DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KAIN BATIK PADA PENGRAJIN KAMPOENG BATIK JETIS-SIDOARJO

ABSTRAKSI

Tujuan Penelitian yang diharapkan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh word of mouth, kepercayaan dan kualitas produk baik secara parsial maupun secara simultan terhadap keputusan pembelian Kain Batik pada Pengrajin Kampong Batik Jetis-Sidoarjo.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keputusan pembelian Kain Batik pada Pengrajin Kampong Batik Jetis-Sidoarjo. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik studi lapangan atau field research dilakukan dengan cara penyebaran kuisioner, dengan jumlah responden 100 orang dengan teknik pengukurannya menggunakan skala Likert. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linier berganda, koefisiensi determinasi, uji hipotersis mengggunakan uji-t dan uji-f dengan menggunakan PASW SPSS 22.
Dari hasil analisis penelitian yang telah dilakukan penulis, diperoleh persamaan regresi linier berganda yaitu Y = 0,327 + 0,470X1 + 0,172X2 + 0,284X3 + e, diketahui pula antara variabel word of mouth, kepercayaan, dan kualitas produk yang agak rendah terhadap keputusan pembelian Kain Batik pada Pengrajin Kampong Batik Jetis-Sidoarjo. hal ini dibuktikan dengan hasil pembuktian dari uji-t nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,008. Dari hasil uji hipotesis secara simultan (bersama-sama) uji F diketahu bahwa seluruh variabel bebas word of mouth, kepercayaan, dan kualitas produk secara bersama-sama (simultan) berpengaruh terhadap variabel terikat keputusan kain batik dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,000. Sedangkan dari hasil uji hipotesis secara parsial dengan uji t diketahui bahwa variabel bebas word of mouth signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000, variabel kepercayaan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,028, variabel kualitas produk nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,008, dapat disimpulkan secara parsial word of mouth, kepercayaan dan kualitas produk berpengaruh signifiakan terhadap keputusan pembelian kain batik
Kata kunci: Keputusan pembelian Konsumen, Word of Mouth, Kepercayaan, Kualitas Produk

Baca Selengkapnya PERAN WORD OF MOUTH, KEPERCAYAAN , DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KAIN BATIK PADA PENGRAJIN KAMPOENG BATIK JETIS-SIDOARJO